Dinsos Ambon Sosialisasi Mitigasi Bencana di Sekolah

Aldi Josua
Siswa dan Guru SMP Negeri 17 Ambon mengikuti kegiatan pelatihan kesiapsiagaan menghadapi bencana melalui Tagana Masuk Sekolah untuk memperkuat mitigasi menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami, di Ambon, Jumat (23/8). ANTARA/HO-Diskominfo sandi Ambon.

AMBON, iNewsAmbon.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengadakan sosialisasi mitigasi bencana untuk guru dan siswa di SMP Negeri 17 Ambon.

"Kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) ini bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat, pada Jumat (23/8/2024).

Kota Ambon merupakan wilayah yang rawan terhadap gempa bumi dan tsunami karena berada di pertemuan dua lempeng besar, yaitu lempeng Pasifik dan lempeng Australia. 

Program TMS ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapan bencana sejak dini dengan memberikan edukasi langsung kepada siswa.

Tagana memberikan berbagai pelatihan kesiapsiagaan bencana, mulai dari mitigasi hingga penanggulangan bencana. 

Kegiatan ini mencakup sosialisasi tentang cara evakuasi mandiri jika terjadi bencana.

"Pelatihan kesiapsiagaan bencana bagi pelajar ini dirancang untuk mengurangi risiko korban jiwa akibat bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan banjir," jelas Slarmanat.

Diharapkan, melalui edukasi dan simulasi yang diberikan, siswa dan guru dapat lebih siap dalam menghadapi bencana. 

Rencananya, kegiatan TMS ini akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah lain di Kota Ambon untuk memperkuat kesiapsiagaan bencana di kalangan pelajar. 

Editor : Nevy Hetharia

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network