get app
inews
Aa Read Next : Bencana di Kota Ambon Akibat Cuaca Ekstrem: 140 Kejadian, 93% Tanah Longsor

18 Kelompok Budidaya Ikan di Kota Ambon Terima Bantuan Benih Ikan Lele

Selasa, 24 Oktober 2023 | 13:14 WIB
header img
Penyerahan bantuan benih ikan lele pada kelompok budidaya ikan darat di Kota Ambon.

AMBON, iNewsAmbon.id - Sebanyak 18 kelompok budidaya ikan di darat yang tersebar di Hative Besar, Poka, Waiheru, Nania, Passo, Latta, Soya, Batu Gajah, dan Seri menerima bantuan benih ikan lele.

Bantuan diberikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon secara simbolis kepada Kelompok budidaya Beta Poka di Desa Poka.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kota Ambon Febby Maail mengatakan bantuan yang diberikan untuk setiap kelompok adalah 1.000 ekor benih ikan lele ukuran 7-9 cm dan pakan ikan pelet protein tinggi sebanyak 116 kilogram.

Bantuan ini merupakan stimulan agar kegiatan budidaya ikan tetap produktif dan berkelanjutan untuk usaha budidaya ikan di darat.

Potensi lahan budidaya kota Ambon untuk air laut seluas 12 hektare dan budidaya air tawar 17,6 hektare, tetapi saat ini baru dimanfaatkan seluas 2,1 hektare, atau 10,5 persen.

"Salah satu peluang budidaya ikan adalah budidaya ikan di kolam atau ruang tertutup. Budidaya ikan ini selain untuk bahan pangan juga berguna sebagai ikan hias dan rekreasi (pemancingan)," katanya di Ambon, Selasa (24/10/2023).

Dicontohkan, ikan lele untuk kebutuhan rumah makan dan konsumsi rumah tangga ukuran 8-2 cm. Untuk mencapai ukuran tersebut membutuhkan waktu selama 2-3 bulan.

Di sisi lain untuk menghasilkan lele berukuran 1-2 ekor/kg membutuhkan waktu 4–5 bulan dengan harga sebesar Rp50 ribu per kilogram.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut