get app
inews
Aa Read Next : Munas Partai Golkar Digelar Desember, Jokowi dan Gibran Bakal Calon Ketua Umum

Jokowi Makan Bakso Bareng Prabowo, Ganjar: Jangan Pertaruhkan Demokrasi

Senin, 29 Januari 2024 | 17:13 WIB
header img
Ganjar Pranowo saat kampanye di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Maluku, Senin (29/1/2024). Foto: Ist

AMBON, iNewsAmbon.id - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo merasa, sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang makan bakso bersama Menhan sekaligus Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto telah membiaskan regulasi terkait pejabat negara harus cuti bila mendukung salah satu kandidat pilpres.

Dengan sikap Jokowi yang makan bareng Prabowo, Ganjar merasa bakal timbul persepsi di publik. Bahkan, ia merasa, sikap makan bakso bareng itu akan timbul pertanyaan terkait apakah Jokowi telah mengambil cuti.

"Ya kadang-kadang menjadi bias mana fakta mana regulasi, nanti pasti akan ada orang yg bertanya soal ini. Cuti kah saudara? Begitu. Nanti yang lain akan menjawab bahwa ini bukan kampanye," terang Ganjar saat ditemui di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Maluku, Senin (29/1/2024).

Dengan begitu, Ganjar merasa, akan timbul perdebatan terkait makan bakso bersama Jokowi dengan Prabowo. Untuk itu, ia merasa, masyarakat sipil mendorong Jokowi untuk netral dalam Pilpres 2024.

"Makanya antara fakta dengan aturan kadang-kadang inilah yang menjadi perdebatan hari ini. Maka masyarakat sipil semua meminta netral lah jangan berpihak lah, kalau anda punya kewenangan gunakan sesuai aturan. Itu yang hari ini menjadi perdebatan," ucap Ganjar.

"Maka jangan sampai kita mempertaruhkan demokrasi kita yg semakin berjalan dengan baik dengan perilaku-perilaku yang barangkali tidak mengikuti ketentuan," tandasnya.

Lebih lanjut, Ganjar menilai makan bakso bersama antara Jokowi dengan Prabowo menunjukan simbol mantan Walikota Solo itu di pilpres.

"Ya saya kira itu simbol yang makin meyakinkan dukungan Pak Jokowi ke mana," terang Ganjar.

Kendati begitu, Ganjar merasa sikap itu semakin bagus. Apalagi, bila ada pernyataan resmi dari Jokowi untuk mendukung kandidat yang bertarung di Pilpres 2024.

"Dan buat kami makin bagus apalagi kalau ada statement terbuka sehingga nanti tidak ada intepretasi lain, dan kami sangat menghormati itu," terang Ganjar 

Sekedar informasi, Jokowi telah makan siang bersama Menteri Pertahanan yang juga merupakan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di Bakso Pak Sholeh Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

Adapun makan siang tersebut digelar usai Presiden Jokowi meresmikan Graha Utama Akademi Militer (Akmil).

"Ya ini kan tadi baru ini kan baru saja saya dengan Pak Prabowo meresmikan Graha Utama di Akademi Militer Magelang. Setelah itu, makan bakso, sudah," kata Jokowi dalam keterangannya kepada wartawan.

Jokowi mengaku saat makan siang tersebut hanya membicarakan mengenai bakso, hingga minuman kelapa muda. "Ngobrolin bakso, ngobrolin kelapa muda, ngobrolin tahu goreng, udah gitu," kata Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Prabowo hanya mengatakan bahwa Presiden Jokowi mengetahui di mana saja tempat makan enak. "Pak Jokowi tahu di mana makan enak, di mana-mana sudah tahu beliau," kata Prabowo.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut