get app
inews
Aa Read Next : 34 Anggota DPRD Kota Ambon Terpilih Periode 2024-2029 Dilantik

Pemkot Ambon Raih Penghargaan Tertinggi Kepatuhan Standar Pelayanan Publik

Rabu, 31 Januari 2024 | 07:44 WIB
header img
Foto bersama jajaran Pemkot Ambon usai penyerahan penghargaan predikat zona hijau yang merupakan kategori tertinggi dalam penilaian kepatuhan standar pelayanan publik oleh Ombudsman RI.

AMBON, iNewsAmbon.id - Pemerintah Kota Ambon meraih predikat zona hijau, yang merupakan kategori tertinggi dalam penilaian kepatuhan standar pelayanan publik.

Pada tahun sebelumnya, Kota Ambon masih berada di zona kuning (kategori sedang).

Penyerahan penghargaan predikat kepatuhan pelayanan publik dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Ombudsman RI, Suganda Pandapotan Pasaribu.

Penghargaan tersebut diterima oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, didampingi Sekretaris Kota, Agus Ririmasse, di Ambon, Selasa (30/1/2024).

Bodewin Wattimena menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan pelayanan publik, terdapat standar, prosedur, dan mekanisme yang harus dipenuhi agar dapat dijalankan secara optimal.

"Pelayanan publik dilakukan dengan tahapan yang baik, sistematis, dan terintegrasi. Sejak awal, kita berencana untuk melaksanakannya, dan seluruh proses menuju optimalisasi menghasilkan kinerja yang dinilai oleh Ombudsman RI," ungkapnya.

Dengan prestasi ini, pihaknya berharap bahwa ke depannya, organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Ambon dapat meningkatkan pelayanan publik menjadi lebih baik dan mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih.

"Jadikan ini sebagai motivasi, kita tidak pernah mengejar penghargaan, tetapi ini merupakan bentuk apresiasi dari kerja keras kita yang patut disyukuri," tambahnya.

Bodewin Wattimena juga berharap beberapa OPD yang dipilih ke depan dapat mempertahankan apa yang telah dicapai saat ini.

Sekjen Ombudsman RI, Suganda, menyatakan bahwa prestasi ini tidak lepas dari peran pemimpin yang menjadi panutan.

Oleh karena itu, ia berharap predikat dan penghargaan ini dapat dipertahankan dan menjadi contoh bagi seluruh kota/kabupaten di Indonesia.

Penghargaan predikat hasil penilaian kepatuhan pelayanan publik juga diterima oleh beberapa OPD yang menjadi sampel penilaian Ombudsman, antara lain Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Dinas Pendidikan, Puskesmas Karang Panjang, dan Puskesmas Rumah Tiga.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut