Majalah National Geographic PHK Massal, Ada yang Kerja Selama 40 Tahun

Mutiara Oktaviana
Ilustrasi karyawan yang di PHK.

JAKARTA, iNewsAmbon - Majalah National Geographic memberhentikan sejumlah karyawan, salah satunya penulis.

Majalah ikonik yang telah berdiri 100 tahun tersebut memberhentikan sekitar 17 pekerja yang termasuk semua penulis staf publikasi, seluruh staf podcastnya, dan sekelompok editor.

Padahal dari beberapa pekerja tersebut sudah menjadi staf selama hampir 40 tahun. Adapun PHK diumumkan pada April merupakan bagian dari gelombang PHK dari perusahaan induk Disney, yang mengakibatkan ribuan posisi dipangkas di seluruh raksasa media.

Sebagian besar staf National Geographic saat itu diberi tahu bahwa posisi mereka akan ditiadakan dalam dua bulan. Hal ini mengakibatkan banyak pemberangkatan di minggu ini.

Tidak jelas berapa banyak staf yang dipotong selama putaran terakhir PHK pada majalah tersebut. Tetapi langkah tersebut dilakukan karena perusahaan induk Walt Disney Co. telah memangkas ribuan staf di seluruh divisinya tahun ini.

National Geographic memiliki lebih dari 1,7 juta pelanggan pada akhir 2022. Majalah ini akan terus menerbitkan terbitan bulanan.

“Perubahan staf tidak akan mengubah kemampuan kami untuk melakukan pekerjaan ini, tetapi memberi kami lebih banyak fleksibilitas untuk menceritakan kisah yang berbeda dan bertemu audiens kami di mana mereka berada di banyak platform kami,” kata juru bicara, dilansir dari CNN, Jumat (30/6/2023).

“Setiap sindiran bahwa perubahan baru-baru ini akan berdampak negatif pada majalah, atau kualitas penceritaan kami, adalah tidak benar,” ujarnya.

Staf penuh waktu akan digantikan oleh daftar penulis lepas, kecuali konten digital tertentu yang akan ditulis oleh editor internal, kata mantan staf tersebut.

”National Geographic hanya mempekerjakan dua editor teks yang ditunjuk, sekelompok yang disebut editor multi-platform yang menangani cetak dan digital, dan sekelompok editor khusus digital,” kata mantan staf itu.

Majalah itu juga mempekerjakan dua reporter pengawas satwa liar yang posisinya didanai dan dikelola secara terpisah, kata mantan staf itu.

Berita tentang PHK dilaporkan di Twitter pada hari Selasa ketika staf penulis majalah yang pergi mulai mengedarkan berita tersebut.

"Hari ini adalah hari terakhir saya di National Geographic," cuit Mantan Penulis Sains Majalah, Michael Greshko.

”Majalah ini berpisah dengan staf penulisnya, termasuk saya,” sambungnya.

 

Editor : Nevy Hetharia

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network