Kendati Hujan, Upacara HUT ke-449 Kota Ambon Berlangsung Meriah

Aldi Josua
Pj Walikota Ambon dan istri pada upacara HUT ke-449 Kota Ambon. Turut dihadiri Pj Gubmal dan istri.

AMBON, iNewsAmbon.id - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-449 Kota Ambon, Maluku, berlangsung meriah dan penuh khidmat meski diguyur hujan. 

Upacara HUT Kota Ambon yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Sabtu (24/5/2024), diikuti oleh peserta dari TNI, Polri, ASN, dan siswa yang tetap berdiri di tengah lapangan terbuka meskipun hujan, sementara tamu undangan berada di bawah tenda yang telah disediakan.

Acara pembukaan perayaan HUT Kota Ambon ditandai dengan selebrasi kain panjang putih (kain gandong), yang melingkar di lapangan. 

Sambutan hangat dari Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N Kaya, menyampaikan rasa syukur atas penyertaan Tuhan yang Maha Kuasa dalam perjalanan 449 tahun usia Kota Ambon.

Dalam sambutannya, Dominggus mengungkapkan bahwa HUT Kota Ambon kali ini mengusung tema "Deng Cinta Voor Ambon" yang berarti cinta untuk Ambon. 

Tema ini dipilih dengan pesan penting agar seluruh warga saling bantu dan memikul beban bersama, menciptakan solidaritas di antara sesama.

Beragam atraksi khas Ambon turut memeriahkan upacara, seperti paduan suara, ukulele, dan brass band yang menambah semarak perayaan HUT Kota Ambon. 

[cut]

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan tradisi "makan patita" atau makan bersama yang digelar di sepanjang Jalan Sultan Hairun. 

Makanan tradisional Maluku, seperti kasbi (singkong), pisang rebus, sagu, kohu-kohu (urap), ikan bakar, papeda, dan sayur-sayuran disajikan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Ambon secara gratis untuk masyarakat.

Ketua Panitia HUT Kota Ambon, Richard Luhukay, menjelaskan bahwa makan patita merupakan tradisi yang sangat kental dalam kehidupan masyarakat Maluku, sebagai bentuk rasa syukur yang disajikan untuk seluruh warga. 

Perayaan ini menonjolkan kearifan lokal dan semangat kebersamaan yang menjadi ciri khas Kota Ambon.

Editor : Nevy Hetharia

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network