Distrik Navigasi Ambon Evakuasi KLM Terajana dan 17 Penumpang di Perairan Seram

aldi josua
Kapal Layar Motor Terajana usai dievakuasi dari Perairan Seram

AMBON, iNewsAmbon.id - Distrik Navigasi Ambon, Maluku, berhasil mengevakuasi Kapal Layar Motor (KLM) Terajana beserta 17 penumpangnya yang terjebak di perairan Pulau Seram akibat mesin kapal mati.

"KLM Terajana mengalami gangguan mesin pada Selasa (24/9/2024) pukul 15.00 WIT saat berlayar dari Pelabuhan Manipa menuju Ambon, di posisi 3°-38. 28,20 S - 127°47.36E, atau sekitar perairan Pulau Seram," ujar Capt Ari Wibowo, Kabid Sarana Bantu Navigasi Pelayaran dan Armada Distrik Navigasi Kelas I tipe A Ambon, Rabu (25/9/2024).

Merespon kejadian ini, Distrik Navigasi Ambon segera mengerahkan kapal KN Bacan yang dikomandoi Kapten Jufri Salampessy untuk memberikan pertolongan.

Saat KN Bacan tiba di lokasi, tim penyelamat menemukan 17 penumpang, terdiri dari tiga laki-laki, 10 perempuan, dan empat anak-anak. Para penumpang segera dipindahkan ke KN Bacan, sementara KLM Terajana ditarik menuju Pangkalan Distrik Ambon.

Kapten KLM Terajana, Jukri Rukua, menyampaikan bahwa kapal yang membawa delapan awak dan 17 penumpang tersebut mengalami masalah pada baling-baling (gerbok), yang berfungsi untuk maju dan mundur. 

Kapal tersebut juga membawa muatan sebesar empat ton, terdiri dari kopra, cengkih, dan gagang cengkih.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Ambon, Andi Fiardi, menegaskan bahwa tugas navigasi tidak hanya berkaitan dengan keselamatan pelayaran melalui infrastruktur, tetapi juga meliputi penyelamatan kemanusiaan. 

Editor : Nevy Hetharia

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network