get app
inews
Aa Read Next : Mirati Mundur dari Anggota DPD RI Terpilih, Nono Sampono Berpeluang Jadi Pimpinan DPD

Sudah 10 Ribu Warga Ambon Dperiksa HIV/AIDS dari Target 30 Ribu

Kamis, 06 Juli 2023 | 06:22 WIB
header img
ilustrasi stop aids

AMBON, iNewsAmbon.id - Dinas Kesehatan Ambon menargetkan 30 ribu warga Ambon dapat menjalani pemeriksaan darah guna deteksi dini penderita HIV/AIDS sepanjang 2023.

Sejauh ini, pada periode Januari - Juni 2023 ada 10.047 warga kota yang melakukan pemeriksaan HIV/ Aids di fasilitas layanan kesehatan.

"Target kita di tahun 2023 ada 30 ribu warga yang melalukan pemeriksaan, capaiannya masih jauh tentu kita terus berharap ada kesadaran diri masyarakat untuk memeriksakan kesehatan," kata Kepala dinas kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy di Ambon, Rabu, (5/7/2023).

Warga yang menjalani pemeriksaan ada di populasi kunci selain di wilayah yang ada penderita HIV/AIDS juga di sejumlah tempat yang menjadi potensi penularan kasus baru.

Sasaran pemeriksaan darah dilakukan bagi penderita TBC, karena orang yang terkena HIV mudah terkena penyakit TBC.

Selain itu juga dilakukan kepada ibu hamil, karena salah satu cara penyebaran HIV/AIDS bisa melalui ibu hamil ke bayi, baik dalam proses mengandung, persalinan, maupun menyusui.

Pemeriksaan lanjutnya, dapat dilakukan secara gratis di laboratorium Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Haulussy, PKM Waihaong, dan Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) Ambon.

Selain itu 34 fasilitas layanan kesehatan yakni 22 Puskesmas di Kota Ambon, RS pemerintah dan swasta dan Klinik Candela.

Dari fasilitas kesehatan yang tersebar, masyarakat cukup banyak melalukan pemeriksaan di RS Siloam mencapai 1.589, RSUP Leimena 603 orang, puskesmas Rijali 507 orang, dan Waihaong 349 orang.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut