get app
inews
Aa Read Next : 34 Anggota DPRD Kota Ambon Terpilih Periode 2024-2029 Dilantik

Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Desak Penyelesaian Raja Definitif di Sejumlah Negeri

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 21:06 WIB
header img
Foto Ilustrasi: Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Jafry Taihuttu berfoto bersama sejumlah Karyawan PT Millon Limbah Ambon yang mengeluhkan gajs mereka, Senin (14/8/2023).

AMBON, iNewsAmbon.id – Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Jafry Taihuttu mendorong Pemkot untuk segera menyelesaikan masalah penunjukan raja definitif di beberapa negeri yang belum terselesaikan.

DPRD Ambon mendorong Penjabat Wali Kota Ambon untuk segera melakukan rapat dengan asisten satu guna membahas kebijakan Pemkot terkait penyelesaian masalah raja definitif yang masih tertunda,” ujar Jafry Taihuttu, Jumat (20/10/2023).

Jafry berharap agar pada Desember 2023 sudah ada raja definitif di beberapa negeri yang belum memiliki raja definitif.

Negeri-negeri yang masih belum memiliki raja definitif dan menjadi perhatian termasuk Negeri Tawiri, Silale, Passo, Batu Merah, Rumah Tiga, Naku, Hative Besar, dan Amahusu.

DPRD juga menyoroti revisi rancangan peraturan daerah (Ranperda) nomor 8, 9, dan 10 tentang pemerintahan negeri yang telah diterima oleh Pemkot.

Mereka ingin memahami apakah penyelesaian masalah raja definitif harus menunggu revisi Ranperda tersebut atau dapat dilakukan seiring dengan proses pembahasannya.

DPRD mengkhawatirkan bahwa penundaan dalam menyelesaikan masalah raja definitif di negeri-negeri tersebut dapat mengganggu agenda daerah dan nasional, terutama dengan adanya tahapan pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden, dan pemilihan legislatif yang telah dimulai.

Selain menekankan penyelesaian masalah raja definitif, DPRD juga meminta Pemkot Ambon untuk memperhatikan penataan birokrasi di jenjang Pemkot Ambon, khususnya terkait raja negeri di Ambon yang masih belum terpecahkan.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut