get app
inews
Aa Read Next : 34 Anggota DPRD Kota Ambon Terpilih Periode 2024-2029 Dilantik

Berpredikat Baik, Pemkot Ambon Terima Penghargaan dari BPS Pusat

Rabu, 06 Desember 2023 | 05:42 WIB
header img
Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse saat menerima penghargaan Anugerah Anindhita Wistara Data oleh BPS Pusat

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Persandian dan Statistik Diskominfosandi Kota Ambon, Sulian Sedubun menjelaskan, pelaksanaan penilaian mandiri berpedoman pada 38 indikator yang terbagi dalam lima domain; prinsip Satu Data Indonesia (SDI), kualitas data, proses bisnis statistik, kelembagaan, dan statistik nasional.

Teknis pelaksanaannya meliputi pengumpulan bukti dukung dari dua OPD, verifikasi bukti dukung oleh TPI, pengisian penilaian di aplikasi SIMBATIK oleh operator tim, verifikasi data pengisian oleh supervisor dan submit hasil penilaian mandiri.

Diakuinya, dalam penilaian wawancara yang dilakukan untuk meyakinkan validitas dan kesesuaian bukti dukung hasil penilaian mandiri, BPS Maluku melakukan sistem penilaian silang antar Kabupaten/Kota.

“Penilaian silang antar kabupaten/kota dilakukan Agustus 2023, menjadi jaminan penilaian yang objektif, karena Kota Ambon dinilai oleh BPS Kabupaten Buru Selatan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemberian penghargaan ini baru pertama kali dilaksanakan BPS dengan penerima enam pemerintah provinsi serta 28 pemerintah kabupaten/kota, dimana Ambon merupakan satu-satunya wakil dari Provinsi Maluku

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut