get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Berharap 14 Lulusan Baru Fakultas Kedokteran Unpatti Mengabdi di Maluku

Pemprov Maluku Siapkan 7.127 Linmas dan Satpol PP Bantu Pengamanan Natal dan Pemilu 2024

Jum'at, 15 Desember 2023 | 21:27 WIB
header img
Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin 2023 dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

AMBON, iNewsAmbon.id -  Pemerintah Provinsi Maluku menyiapkan sebanyak 7.127 personel Linmas dan Satpol PP untuk membantu pengamanan Natal dan Pemilu 2024 di 11 kabupaten kota di Maluku.

"Para personel tersebut juga dipersiapkan untuk pengamanan Natal sekaligus Pemilu 2024," kata Sekda Maluku Sadali Ie Jumat (15/11/2023).

Sekda menyebutkan dari 7.127 personel tersebut terdiri atas 5.075 personel Linmas dan 2.052 personel Satpol PP yang  disebar pada 11 kabupaten kota di Maluku.

“Mengingat perayaan Natal dan tahun baru, bersamaan dengan masa kampanye Pemilu serentak  2024, maka kami mengimbau kepada ASN, TNI/Polri, KPU, Bawaslu dan instansi terkait untuk meningkatkan kerja sama dan sinergisitas," kata dia.

Menurut Sekda hal itu penting dalam rangka menjaga stabilitas keamanan guna kelancaran masa kampanye di  Maluku, sekaligus memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam perayaan Natal dan tahun baru.

Sementara itu Wakapolda Maluku Brigjen Stephen Napiun menyampaikan perlu menyamakan persepsi baik antar Pemerintah Daerah, TNI/Polri, maupun instansi terkait, agar terjadi keterpaduan langkah dan gerak di lapangan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman baik dari segi keamanan dan keterbukaan informasi, sehingga jika muncul permasalahan serius bisa diantisipasi secara cepat dan tepat.

Napiun mengatakan, pemerintah menghadapi Natal, tahun baru dan Pemilu akan melaksanakan operasi kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia yaitu operasi Lilin Salawaku 2023.

Sementara pengamanan Pemilu akan dilakukan hingga kontestasi politik tersebut dinyatakan selesai.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut