get app
inews
Aa Read Next : Baznaz Ternate Targetkan Himpun Dana Zakat 7 Millar Rupiah

IAKN Ambon Latih Mahasiswa Penggerak Penguatan Moderasi Beragama di Maluku

Kamis, 04 April 2024 | 04:23 WIB
header img
Prof Dr Yance Z Rumahuru, MA., Rektor IAKN Ambon, menunjukkan komitmennya dalam memperkuat pemahaman Moderasi Beragama (MB) di kalangan pemuda Maluku.

AMBON, iNewsAmbon.id - Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon menggelar pelatihan bagi mahasiswa sebagai penggerak utama dalam memperkuat moderasi beragama, suatu inisiatif yang menjadi fokus Kementerian Agama.

Rektor IAKN Ambon, Yance Rumahuru, menyatakan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 60 mahasiswa IAKN Ambon dengan tujuan untuk membentuk kader moderasi beragama.

“Mereka akan dilatih untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sehingga dapat berkontribusi dalam membangun masyarakat dan bangsa,” ujarnya, Rabu (3/4/2024).

Selain itu, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa dalam memperkuat moderasi beragama, sehingga mereka dapat menjadi agen penting dalam mempromosikan toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Yance menegaskan bahwa penguatan moderasi beragama merupakan prioritas yang didukung oleh Kementerian Agama dan Ditjen Bimas Kristen, serta diimplementasikan di setiap lingkungan kampus.

IAKN Ambon telah menunjukkan komitmennya terhadap keragaman dengan meresmikan rumah moderasi beragama pada tahun 2020, dan melaksanakan sejumlah program internal dan eksternal untuk membangun sikap moderat di lingkungan kampus dan masyarakat umum.

Selain itu, IAKN Ambon juga telah mengadakan kegiatan di empat desa binaan moderasi beragama hingga tahun 2023.

Kegiatan ini mencakup berbagai upaya penguatan moderasi beragama baik di dalam maupun di luar lingkup kampus.

IAKN Ambon memiliki empat desa binaan moderasi beragama, diantaranya di Labuan Seram Utara Barat dan Waraka, Kecamatan Teluk Elpaputih, Kabupaten Maluku Tengah.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut