get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpatti Ikuti Pertukaran Mahasiswa AMSA ke Thailand

Tim Debat Hukum Unpatti Lolos Wakili Polda Maluku ke Tingkat Regional Indonesia Timur

Sabtu, 01 Juni 2024 | 14:41 WIB
header img
Tim Mahasiswa Unpatti yang akan mewakili Polda Maluku dalam debat hukum tingkat regional Indonesia Timur

AMBON, iNewsAmbon.id - Tim Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, berhasil lolos untuk mewakili Polda Maluku dalam lomba debat hukum tingkat regional Indonesia Timur.

“Unpatti keluar sebagai juara satu dalam lomba debat hukum yang diselenggarakan Polda Maluku dengan tema Restorative Justice,” kata Plt Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Areis Aminnullah, dalam keterangannya di Ambon pada Jumat.

Restorative justice atau keadilan restoratif adalah pendekatan penyelesaian konflik hukum melalui mediasi antara korban dan terdakwa, yang kadang melibatkan perwakilan masyarakat. 

Tujuannya adalah untuk memahami dampak kejahatan, membahas siapa yang dirugikan, dan mencari solusi agar pelaku bisa menebus kesalahan.

“Langkah-langkah yang bisa diambil meliputi pemberian ganti rugi kepada korban, permintaan maaf, atau tindakan pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” tambahnya.

Areis Aminnullah menjelaskan bahwa lomba ini diadakan dalam rangka menyambut HUT ke-78 Bhayangkara dan diikuti oleh empat tim dari perguruan tinggi terkemuka di Ambon: Unpatti, Universitas Darussalam (Unidar), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Universitas Kristen Indonesia-Maluku (UKIM).

Dalam lomba debat yang dipimpin oleh Wakapolda Maluku, Unpatti berhasil meraih juara satu, diikuti oleh Unidar di posisi kedua, dan IAIN di posisi ketiga.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut