get app
inews
Aa Read Next : Balai Karantina Maluku Tolak 5.000 Batang Bibit Pala Masuk ke Ambon

Gunung Ibu di Halmahera Barat Meletus, Hujan Abu Berbaya, Msyarakat Diimbau Pakai Masker

Minggu, 28 Juli 2024 | 09:38 WIB
header img
Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, meletus pada Minggu (28/7/2024) dini hari. Foto: PVMBG

JAKARTA, iNewsAmbon.id - Gunung Ibu yang terletak di Halmahera Barat, Maluku Utara, mengalami erupsi kembali pada Minggu (28/7/2024) dini hari. Letusan ini mengeluarkan abu vulkanik hingga mencapai ketinggian 2.000 meter di atas puncak gunung.

Menurut M. Richard Chaniago, petugas Pos Gunung Api, erupsi terjadi pada pukul 02:18 WIT dengan kolom abu yang teramati memiliki tinggi sekitar 2.000 meter di atas puncak (sekitar 3.325 meter di atas permukaan laut). Richard menjelaskan bahwa kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang mengarah ke tenggara. Erupsi ini terekam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 257 detik.

Richard juga mengimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Ibu serta pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 km dari puncak gunung dan perluasan sektoral hingga 7 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif.

“Jika terjadi hujan abu, disarankan bagi masyarakat yang berada di luar rumah untuk memakai pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kacamata),” tambahnya.


 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut