get app
inews
Aa Read Next : Kaya Apresiasi Wattimena soal Penataan Birokrasi Harus Ijin Mendagri

Didukung Koalisi Besar, BETA Siap Menangkan Pilkada Ambon

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 19:23 WIB
header img
Bodewin Wattimena dan Elly Toisuta

AMBON, iNewsAmbon.id - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon Bodewin Wattimena - Elly Toisuta atau dengan akronim BETA didukung koalisi besar 6 partai politik siap maju dan menangkan Pilkada Kota Ambon pada November 2024 nanti.

Kepastian diusung koalisi besar tersebut, setelah paslon BETA peroleh rekomendasi formulir B1WKK dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Enam parpol tersebut adalah selain PDIP (4 kursi), juga Partai Nasdem (4), Gerindra (3), Golkar (3), PKS (2) dan PSI (1).

Bodewin Wattimena kepada media ini via pesan Whatsapp, mengatakan, kepercayaan Ibu Megawati Soekarnoputri dan seluruh jajaran DPP, DPD dan DPC PDIP, merupakan kehormatan besar bagi pasangan "BETA Par Ambon". 

"Kami percaya bahwa dengan dukungan dari PDIP, Nasdem, Gerindra, Golkar, PKS dan PSI, mudah-mudahan perjuangan BETA Par Ambon akan memenangkan Pilkada Kota Ambon pada 27 November 2024. Karena BETA Par Ambon, Ambon Par Samua," tulisnya.

Rekomendasi DPP PDIP tersebut bernomor 1108/Kpts/DPP/VIII/2024 tertanggal 11 Agustus 2024 yang diteken oleh Megawati Soekarnoputri dan Hasto Kristiyanto.

Dukungan besar kepada paslon BETA itu, lantaran kepemimpinan figur Bodewin Wattimena yang merakyat dan cepat bergerak atasi persoalan warga selama menjabat sebagai Pj Walikota Ambon periode 2022 - 2024.

Ia juga dinilai mampu atasi keterpurukan jajaran Pemkot Ambon pasca pemeriksaan KPK kepada banyak pejabat dan staf yang akhirnya menjebloskan mantan Walikota ke penjara.

Bodewin yang alumni STPDN itu kini sedang menjabat Sekretaris DPRD Provinsi Maluku. 

Sedangkan pasangannya Elly Toisuta dikenal luas sebagai politisi perempuan Partai Golkar. Ia kini duduki posisi Ketua DPRD Kota Ambon.

Dalam Pilkada Kota Ambon nanti, selain paslon BETA. Ada dua pasangan lainnya yakni Agus Ririmasse dan Nova Liem. Mereka didukung Partai Demokrat, PAN dan Hanura.

Sedangkan paslon Jatje Wenno dan Syarif Bakri Asyatry diusung oleh Perindo, PKB dan PPP..

DUKUNGAN PDIP DI MALUKU

Sementara itu, DPP PDIP untuk tahap kedua telah resmi umumkan nama-nama calon bupati dan wakil bupati serta calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung dalam Pilkada serentak tahun 2024. Jumlahnya 163 nama untuk 78 daerah.

Pembacaan nama-nama calon kepala daerah disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Pengumuman tersebut dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan jajaran petinggi partai.

Untuk Pilkada serentak 2024 di Maluku, PDIP umumkan enam Paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Yaitu di Pilkada Kota Ambon mengusung Bodewin Wattimena dan Elly Toisutta. 

Di Pilkada Kabupaten Buru, mereka mendukung paslon Azis Hentihu dan Gadis Umasugi.

Kemudian Andi Munaswir dan Tina Welma Tetelepta di Pilkada Maluku Tengah serta Adolof Bormasa-Hendrikus Serin di Pilkada Kepulauan Tanimbar.

Selain itu, paslon Safitri Malik dan Hempri Lesnusa di Pilkada kabupaten Buru Selatan.

Disusul paslon Muhammad Thaher Hanubun-Charlos Viali Rahantoknam di Pilkada Maluku Tenggara.

Terakhir paslonTemy Oersipuni dan Hadi Jumaidi Saleh di Pilkada Kepulauan Aru.Sebelumnya, di tahap pertama DPP PDIP telah berikan rekomendasi kepada paslon di Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Kota Tual dan Maluku Barat Daya, 

Sementara itu, untuk Pilkada Provinsi Maluku 2024, PDIP telah resmi mendukung paslon Jeffry A. Rahawarin dan Abdul Mukti Keliobas. 

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut