get app
inews
Aa Read Next : Kodam Pattimura Dipimpin Pangdam Termuda Ketiga, Syafrial Jadi Kastaf Kostrad

Kodam Pattimura dan Polda Maluku Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada

Senin, 26 Agustus 2024 | 17:57 WIB
header img
Pangdam Pattimura Mayjen TNi Syafrial saat gelar pasukan pengalaman Pilkada

AMBON, iNewsAmbon.id - Kodam Pattimura dan Polda Maluku telah melaksanakan simulasi pengamanan untuk Pilkada Maluku 2024, sebagai langkah memastikan keamanan dan kelancaran proses pemilu di wilayah tersebut.

“Kesiapan penuh TNI untuk mendukung Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Maluku,” kata Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Syafrial di Ambon, Senin (26/8/2024).

Pangdam menyampaikan hal ini saat mendampingi Kapolda Maluku, Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan, dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 yang diadakan di Kota Ambon. 

Sinergi antara TNI dan Polri disebutnya sebagai kunci untuk menjamin pengamanan yang solid dalam Pilkada serentak.

Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) yang dilakukan dalam apel ini melibatkan berbagai skenario penting dalam tahapan Pilkada, seperti pengawalan bakal calon, masa tenang, pendistribusian logistik, hingga penetapan calon terpilih. 

Langkah ini bertujuan memastikan kesiapan semua pihak dalam merespons setiap situasi, baik kondisi normal maupun jika terjadi gangguan keamanan yang serius.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Eddy Tambunan, menegaskan bahwa Polda Maluku bersama TNI dan pemerintah daerah telah mempersiapkan personel, sarana, dan strategi operasional yang matang untuk menghadapi setiap tahapan Pilkada Serentak 2024. 

Persiapan ini diharapkan mampu mengantisipasi munculnya isu provokatif dan potensi gangguan keamanan.

Kodam Pattimura dan Polda Maluku mengerahkan total 4.172 personel gabungan, terdiri dari 1.600 personel kepolisian dan 2.572 personel TNI, untuk mengamankan wilayah Maluku dan Maluku Utara selama pelaksanaan Pilkada.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut