get app
inews
Aa Read Next : Kodam Pattimura Siapkan 600 Personel Cadangan Amankan Pilkada Maluku

Wattimena Lepas Sekwan dan Daftar di KPU, Kaya: Sudah Ada Surat Undur Diri Ririmasse

Rabu, 28 Agustus 2024 | 22:30 WIB
header img
Paslon BETA saat mendaftar di KPU Kota Ambon. (Foto Ist)

AMBON, iNewsAmbon.id - Sekretaris DPRD (Sekwan) Provinsi Maluku, Bodewin Wattimena secara resmi telah mengajukan pengunduran diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini dilakukan mantan Penjabat (Pj) Walikota Ambon periode 2022 - 2024 setelah mantap maju di Pilkada Kota Ambon 2024.

"Surat pengunduran diri sudah diserahkan ke pak Penjabat Gubernur Maluku pada Senin kemarin," kata Bodewin di Ambon, Selasa (27/08/2024). 

Ia mengaku, pengumuman pengunduran diri dari ASN ini telah disampaikan secara terbuka saat dirinya memimpin apel di kantor DPRD Provinsi Maluku. 

Pengunduran diri Bodewin Wattimena buktikan kepatuhannya terhadap aturan atau ketentuan yang mengatur pencalonan seseorang yang aktif sebagai ASN.

"Tanda terimanya sudah saya peroleh. Jadi saya harap ini jadi sebuah pendidikan politik kepada masyarakati," jelasnya.Usai undur diri, pasangan calon Bodewin Wattimena dan Elly Toisuta (BETA) secara resmi mendaftar di KPU Kota Ambon pada hari kedua pendaftaran pencalonan, Rabu (28/8/2024). 

Bodewin-Elly menjadi paslon pertama yang mendaftar sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon di Pilkada 2024.

Paslon BETA tiba di Kantor KPU Kota Ambon, kawasan Passo sekitar pukul 12.15 WIT. Mendaftar di KPU, mereka didampingi pimpinan partai politik pengusung dan relawan.

Tiba di KPU, keduanya mengisi registrasi dan menyerahkan berkas dokumen persyaratan pencalonan. Setelah diperiksa komisioner KPU, dokumen dinyatakan lengkap.

Ketua KPU Kota Ambon Kaharudin Mahmud mengatakan, seluruh dokumen yang diserahkan BETA telah lengkap dan diterima. “Alhamdulillah, status dokumen diterima,” ujarnya..

Ia pastikan KPU akan bekerja sesuai ketentuan perundang-undangan tentang Pilkada. “Kita akan verifikasi dokumen yang dimasukan setiap bakal calon. Kita utamakan prinsip adil dan jujur sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Untuk diketahui paslon BETA didukung koalisi besar yaitu Partai Golkar, PKS, Gerindra, NasDem, PSI dan PDIP. Jumlah kursi 6 partai pengusung sebanyak 17 kursi di DPRD Kota Ambon.

Sebelumnya,  BETA menggelar deklarasi yang dihadiri kader partai pengusung, relawan, simpatisan dan ribuan warga dari lima kecamatan di kota ini. 

Deklarasi bertempat di Ambon City Center, Passo, Kecamatan Baguala, Rabu pagi.

RIRIMASSE JUGA UNDUR DIRI

Sementara itu, bakal calon Walikota lainnya yakni Agus Ririmasse yang menjabat Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon dan masih jalankan tugasnya meski sudah masuk tahap pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU), sempat di publik pertanyakan statusnya tersebut.

Namun ketika dikonfirmasi oleh media ini kepada Agus Ririmasse via pesan Whatsapp, Rabu (27/8/2024), belum diresponnya.

Namun demikian, saat dikonfirmasi kepada Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya, barulah diinformasikan bahwa Ririmasse sudah sampaikan surat pengunduran dirinya dari jabatan Sekkot maupun ASN.

"Sudah (surat pengunduran diri), itu kan salah satu syarat mutlak. Cuma belum diekspos saja seperti yang lain," ujar Kaya.

Surat Ririmasse itu ditujukan kepada Pj Walikota Ambon tertanggal 25 Agustus 2024.

"Bersama ini, saya usulkan permohonan mengunduran diri sebagai.PNS, jabatan Sekretaris Kota Ambon (pada) organisasi Sekretariat Kota Ambon. Karena mencalonkan sebagai (bakal calon) Walikota Ambon periode 2024 - 2029," tulis Ririmasse dalam surat tersebut. 

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut