Januari - Juni 2023, Ditemukan 174 Kasus Baru Positif HIV/AIDS di Ambon

aldi josua
ilustrasi hiv aids

AMBON, iNewsAmbon.id - Dinas Kesehatan Kota Ambon menemukan adanya 174 kasus baru positif HIV/AIDS pada periode pemeriksaan Januari - Juni 2023 .

"Dari pemeriksaan yang dilakukan ditemukan 174 kasus baru positif Januari - Juni 2023, tersebar di PKM Waihaong 30 kasus, klinik Candela 32 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy, Rabu (5/7/2023).

Menurut Wendy, sejauh ini, pada periode Januari - Juni 2023 ada 10.047 warga kota yang melakukan pemeriksaan HIV/ Aids di fasilitas layanan kesehatan.

"Target kita di tahun 2023 ada 30 ribu warga yang melalukan pemeriksaan, capaiannya masih jauh tentu kita terus berharap ada kesadaran diri masyarakat untuk memeriksakan kesehatan," ujarnya.

Sementara itu Yayasan Pelangi Maluku (YPM) menggencarkan pemeriksaan dan konseling sebagai upaya mendeteksi kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kota Ambon.

Pemeriksaan mobile voluntary counselling and testing (VCT) melibatkan 12 dokter relawan rutin dilakukan di komunitas yang masuk dalam kelompok risiko tinggi, untuk mendeteksi dini kasus HIV/ Aids, Kata Direktur Yayasan Pelangi Maluku, Rosa Pentury, di Ambon, Rabu (5/7/2023).

Ia mengatakan, setelah dilakukan penjangkauan melalui tes VCT akan dilanjutkan dengan pendekatan langsung ke rumah (door to door) dengan tujuan menemukan secara dini dan mendata para penderita HIV agar bisa mendapat perawatan atau memulai pengobatan.

Kelompok berisiko yang dimaksud ialah pekerja seks komersial (PSK), lelaki suka seks dengan lelaki (LSL), waria dan pengguna Napza suntik.

 

Editor : Nevy Hetharia

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network