Basarnas Ambon Gelar Kegiatan SAR Goes to School untuk Kepentingan Rescue

aldi josua
Kegiatan rescue yang dilaksanakan Basarnas Ambon

AMBON, iNewsAmbon.id – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon menggelar kegiatan "SAR Goes to School" di sejumlah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan SMK Negeri (SMKN) di Kota Ambon.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan tugas dan fungsi Basarnas kepada generasi muda.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi bencana, terutama dalam konteks pertolongan di air, seperti water rescue,” kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muhammad Arif Anwa, Selasa (14/11/2023).

Peserta kegiatan diberikan materi dasar water rescue agar memiliki pengetahuan untuk menyelamatkan diri sendiri dalam situasi darurat, terutama di wilayah perairan.

Diinginkan agar siswa-siswi dapat memahami langkah-langkah yang harus diambil saat menghadapi bencana.

Setelah pembukaan kegiatan, ada praktik langsung di Pantai Liang, Pulau Ambon, dengan pembagian stasiun untuk praktek kering dan basah.

Materi yang diajarkan termasuk teknik pertolongan saat gempa bumi, teknik pertolongan di air, penanganan perdarahan, patah tulang, penggunaan alat penyelamat, dan teknik penggunaan perahu karet.

Kegiatan ini bukan hanya untuk menjelaskan operasi SAR, tetapi juga untuk mensosialisasikan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat, khususnya anak-anak sejak usia dini.

Melalui program ini, diharapkan kesadaran akan keselamatan diri akan tumbuh, terutama di kalangan pelajar.

Dalam kegiatan "SAR Goes To School" ini, sekitar 80 peserta siswa dan guru pendamping dari beberapa sekolah terlibat, dimana mereka diberi pemahaman tentang tugas dan fungsi Basarnas serta pengetahuan dasar dalam menanggapi situasi darurat.

Editor : Nevy Hetharia

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network