Kisah Hidup Tiga Orang Maluku Ini Menginspirasi Pembuatan Film Layar Lebar

Alvi Petra
Kolase foto tiga legenda Maluku yang kisah hidupnya jadi inspirasi pembuatan film layar lebar Glenn Fredly (kiri), Sani Tawainella (kanan atas) dan Ellyas Pical (kanan bawah),

Film Ellyas Pical

Kisah hidup legenda Tinju Indonesia Ellyas Pical sebenarnya sudah diberi judul The Exocet, yang berfokus pada perjuangannya menjajal dunia tinju dari tahun 1973-1985.

Pembuatan film ini, mulai digarap pada 2019 lalu.

Sutradara Robby Ertanto mengatakan ini adalah film kolaborasi, pakai konsep realitas.

“Saat kita riset apa yang tertulis di internet, membuka satu per satu hal yang kita tidak ketahui. Saat persiapan IBF (International Boxing Federation), kenapa Indonesia saat itu sangat bangga, semua kita jelaskan secara gamblang," ujar Robby Ertanto dalam jumpa pers saat itu.

Robby mengatakan bahwa rencana pembuatan film ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 2011. Walau sempat kesulitan mendapat investor dan berbagai perizinan hukum (rights), "The Exocet" akhirnya memulai proses syuting pada 2019.

Sosok Ellyas Pical sendiri diperankan oleh aktor Jefri Nichol.

"Kita bertemu dengan Nichol tahun lalu, dia menceritakan semua tentang Ellyas Pical dengan gamblang, heran juga anak muda kok bisa tahu. Dia ternyata sering diceritakan ayahnya dan dia punya wish someday dia ingin bikin film tentang Ellyas Pical dan akhirnya mimpi itu terwujud," kata sutradara film "Ave Maryam" itu.

"The Exocet" dipilih sebagai judul film karena merupakan julukan yang diberikan oleh media asing untuk Ellyas Pical atas kecepatan dan kekuatan pukulannya yang seperti rudal asal Prancis.

Editor : Nevy Hetharia

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network