Profil Letkol Inf Julius Jongen Matakena, Komandan Upacara HUT ke-79 RI di Ambon

Novi P
Letkol Inf Julius Jongen Matakena. (Foto Ist)

Siapakah Letkol Inf Julius Jongen Matakena? Nyong Ambon kelahiran Ambon 13 Juni 1983 ini, masa kecilnya hingga remaja dihabiskan di kawasan Soya Kecil (Gang Virgo).

Dia akrab disapa Ongen. Merupakan anak dari pasangan suami istri, Nus Matakena dan Anna Saiya. Ia menamatkan pendidikannya menengahnya di SMP Negeri 6 Ambon dan SMA Negeri 2 Ambon.

Alumni Akademi Militer (Akmil) 2004 ini, menempati posisi Danyonif Raider 733 Masariku Kodam XVI Pattimura sejak 15 November 2023. Ia gantikan Letkol Inf Nugroho Noto Susanto.

Acara serah terima jabatan (Sertijab) tersebut dilakukan oleh Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, di Lapangan Mako Yonif Raider 733/Masariku, Waiheru, Kecamatan Baguala, Rabu (15/11/2023).

Dari data yang dimiliki media ini, Letkol Inf Julius Jongen Matakena adalah putra Maluku kedua yang jadi Danyonif pasukan elit Kodam Pattimura ini, setelah Mayor Inf H.E. Nanlohy (September 1972 -Oktober 1973).

Beberapa jabatan yang pernah didudukinya antara lain Wadan Yonif 713 Satya Tama Kodam Merdeka, Kepala Staf Kodim 1304 Gorontalo dan Kasiintel Korem 063/SGJ Kodam III/Siliwangi.

Sementara itu, upacara peringatan detik-detik Proklamasi RI di Lapangan Merdeka, diakhiri dengan aubade dari siswa-siswi SMP dan SMA se-Kota Ambon, dengan solois dari siswa kelas 2 SD Dian Harapan, Queen Kastanya dengan suara merdunya persembahkan lagu Indonesia Pusaka. 

Selamat dan sukses terus Letkol Inf Julius Jongen Matakena. Toma maju ! 

Editor : Nevy Hetharia

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network