Pemkot Ambon Bangun Dua Pustu Jangkau Layanan Kesehatan Ibu Hamil

Aldi Josua
Balai Kota Ambon

AMBON, iNewsAmbon.id - Pemerintah Kota Ambon, membangun dua Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk memperluas akses layanan kesehatan bagi ibu hamil dan anak. 

Pustu ini akan dibangun di Dusun Batu Tagepe, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, dan Farmasi Atas, Negeri Urimessing, Kecamatan Nusaniwe.

Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N Kaya, menjelaskan bahwa pembangunan Pustu ini bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama ibu hamil dan balita, yang selama ini mengalami kesulitan mengakses Puskesmas atau rumah sakit karena jarak yang cukup jauh. 

Data dari Dinas Kesehatan dan Unicef menunjukkan angka kematian ibu dan anak di Kota Ambon masih tinggi.

"Kami siap mendukung pembangunan Pustu ini melalui kolaborasi antara Pemkot Ambon, Pemprov Maluku, dan bantuan dari Kementerian Kesehatan," kata Dominggus. 

Ia menegaskan bahwa jika lahan yang diperlukan disiapkan oleh pemerintah desa atau negeri, Pemkot Ambon siap memulai pembangunan Pustu.

Aulia Rahman, Health Officer Unicef Indonesia, menjelaskan bahwa proyek ini merupakan bagian dari audit internal yang bertujuan mengkaji penyebab kematian ibu dan anak di daerah tersebut.

Hasil kajian ini telah disampaikan kepada Pemkot Ambon, yang merespons dengan rencana pembangunan Pustu untuk meningkatkan akses layanan kesehatan di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota.

Diharapkan, dengan pembangunan Pustu ini, angka kematian ibu dan anak di Kota Ambon dapat berkurang, sehingga kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Editor : Nevy Hetharia

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network