Welmy Pariama Lolos ke Semifinal, Maluku Belum Raih Medali Emas di PON 2024

Aldi Josua
Welmy Pariama (biru) saat dinyatakan sebagai pemenang. (Foto tangkapan layar).

AMBON, iNewsAmbon.id - Petinju putri senior Maluku, Welmy Pariama, berhasil menang atas rivalnya di perempat final cabor tinju PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Dalam pertarungan di Auditorium Universitas HKBP Nommensen, Pematang Siantar Sumatera Utara (Sumut). Sabtu (14/9/2024) itu, Welmy menaklukan Salomina Yerisitouw dari Papua.

Pertemuan Welmy vs Salomina di kelas 66-70 kg putri, merupakan ulangan partai final pada PON XX 2021 Papua. Saat itu Welmy kalah angka dan hanya meraih medali perak untuk Maluku.

Di partai semifinal nanti, Welmy akan berhadapan dengan pemenang antara Trya Ayu Ningrum (Kalsel) vs Miranda Leonora Gaman (Papua Barat).

Selain itu, petinju Maluku di kelas 46-48 putra Wellem Matinahoruw juga menang angka atas M. Sadikin (Aceh). Di 8 Besar nanti Welem akan bertemu Wahyudi Sihotang (Sumut).

Sedangkan petinju putri Maluku di kelas 57-60 kg Juliana Patty yang sebelumnya mengalahkan Zhara Harahap (Sumut), gagal ke semifinal setelah di babak perempatfinal Juliana Patty kalah angka dari Feronika Stevanny Tobias (Kalsel).

"Para petinju sudah berjuang maksimal. Namun daerah lain sudah persiapan jauh-jauh hari. Kita berharap dua petinju sisa mampu persembahkan yang terbaik," ujar Ketua Harian Pertina Maluku, Ongki Nanulaitta via pesan Whatsapp, Sabtu (14/9/2024).

MALUKU MASIH PERINGKAT 31

Sementara itu, hingga Minggu 15 September 2024, kontingen Maluku untuk sementara di klasemen umum PON 2024 ini hanya berada di peringkat 31 dari 38 provinsi tanpa medali emas, dengan perolehan 2 medali perak dan 3 perunggu.

Dari 13 cabor yang diikuti kontingen Maluku, baru dua cabor yang berhasil merebut medali yaitu Muaythai dan Dayung.

Satu medali perak dari cabor Muaythai diraih oleh Yulia Tomasoa serta Dayung  atas nama kwartet Issa Behuku, Arni Pattipeiluhu, Maria Bahi dan Popy Hattu.

Sedangkan tiga perunggu semuanya dari cabor dayung yakni dari nomor Singel Scull atas nama Issa Behuku, lalu Double Scull oleh Issa Behuku dan Arni Pattipeiluhu serta Light Weight Double Sculls oleh Susana Salamahu dan Vanesa Batuwael.

Kontingen Maluku masih berpeluang merebut medali pada beberapa cabor yang masih bertanding baik di Aceh maupun Sumatera Utara.

Diantaranya cabor tinju, kempo, karate, atletik, juga masih ada selam 3 atlet 4 nomor, kick boxing 9 atlet 11 nomor, tarung derajat 1 atlet 1 nomor.

Untuk diketahui, kontingen Maluku terdiri dari 54 atlet dan 28 pelatih mengikuti 13 cabang olahraga. Yakni dayung, karate, selam, kempo, atletik, billiard, kick boxing, muaythai, menembak, tarung derajat, tinju, wushu, taekwondo. 

Cabor.yang diandalkan Maluku itu dayung, tinju, atletik dan seni bela diri.

Pada PON XX 2021 di Papua, Maluku duduki peringkat 21 dengan total perolehan sebanyak 15 medali. Terdiri dari 5 medali emas, 4 perak, 6 perunggu. 

Sementara itu, sampai kini, hanya kontingen Maluku Utara (Malut) yang belum peroleh satu medali pun. 

Editor : Nevy Hetharia

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network