get app
inews
Aa Read Next : KPK Minta Pemprov Maluku Utara Reformasi Pelayanan Masyarakat dan Izin

DPRD Maluku Utara Telah Ajukan Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur

Jum'at, 01 Desember 2023 | 16:23 WIB
header img
Kantor DPRD Maluku Utara

TERNATE, iNewsAmbon.id - DPRD Maluku Utara telah menghasilkan tiga nama yang akan diajukan kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai calon Penjabat Gubernur Maluku Utara.

Ketiga nama tersebut itu yakni Sekretaris Provinsi Maluku Utara Samsudin A Kadir, Rektor Universitas Khairun Ternate Ridha Ajam dan Deputi Bidang Dukungan Teknis Bawaslu RI La Bayoni.

Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Kuntu Daud mengatakan delapan Fraksi DPRD Malut telah menyepakati ketiga nama calon itu diusulkan menjadi penjabat gubernur menggantikan Gubernur KH Abdul Ghani Kasuba yang masa jabatannya akan berakhir pada 31 Desember 2023.

“Tiga nama calon penjabat gubernur Maluku Utara tersebut, selanjutnya  akan diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) selambat lambat pada tanggal 5 Desember tahun 2023,” kata Kuntu, Jumat (1/12/2023).

DPRD Maluku Utara berharap satu dari ketiga nama yang diusulkan tersebut dapat menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo untuk dapat ditetapkan sebagai penjabat gubernur Maluku Utara. 

"Ketiga nama calon penjabat gubernur itu, telah melalui prosedur dan mekanisme dan sudah memenuhi ketentuan Permendagri Nomor 4 Tahun 2023," ujarnya.

Selain ketiga nama itu, kata Kuntu, ada dua pejabat asal Maluku Utara yang saat ini berkiprah di Jakarta yakni Sekjen Kemendes dan PDTT, Taufik Madjid bersama Pangkostrad, Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa merupakan dua pejabat sejak awal diusulkan untuk menjadi Pj Gubernur Malut.

Akan tetapi, keduanya lebih cenderung memilih berkarier di Jakarta dan masih fokus menjalankan tugas dan jabatan yang saat ini diemban.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut