get app
inews
Aa Read Next : Bencana di Kota Ambon Akibat Cuaca Ekstrem: 140 Kejadian, 93% Tanah Longsor

KPU Gelar Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Ambon 2024

Senin, 10 Juni 2024 | 17:37 WIB
header img
Pj Wali Kota Ambon bersama KPU Kota Ambon dan para undangan saat acara peluncuran. (Foto pemkot ambon).

AMBON, iNewsAmbon.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon menggelar peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, untuk memilih Walikota dan Wakil Walikota periode lima tahun ke depan.

Acara tersebut dilaksanakan bertempat di Pattimura Park dan dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, Minggu malam (9/6/2024).

Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud menjelaskan, setelah sukses laksanakan Pilpres dan Pileg 14 Februari lalu, kIni merupakan tanggung jawab bersama untuk kawal Pilkada serentak pada 27 November 2024.

Menurutnya, saat ini baru digelar peluncuran tahapan Pilkada 2024, karena setelah melewati proses perselisihan hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 6 Juni lalu, serta pelaksanaan gugatan yang kemudian pada KPU Kota Ambon semua ditolak.

Setelah itu, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, ada dua tahapan yang telah dilaksanakan yaitu pelantikan PPK pada 5 Kecamatan dan PPS di 50 Desa/Kelurahan/Negeri se Kota Ambon.

Selanjutnya, pada 13 Juni nanti akan dilaksanakan tahapan pendaftaran Pantarlih, yang nantinya akan melaksanakan tugas pendataan pemilih di seluruh desa/kelurahan/negeri yang akan dimasukan dalam daftar pemilih.

"Pelaksanaan pemilihan dapat berjalan baik, apabila adanya partisipasi masyarakat dalam memberikan data kependudukan pada saat pendataan dan pencocokan pemilih," ujar Mahmud.

[cut]

Ia juga sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Ambon yang berikan dukungan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada kepada KPU Kota Ambon. Sehingga diharapkan pelaksanaan tahapan-tahapan dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Pj Wali Kota Ambon Dominggus Kaya mengatakan, peluncuran Pilkada ini salah satu rangkaian awal yang akan kita laksanakan yaitu pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon tahun 2024. Semoga kegiatan ini menjadi awal kesuksesan pesta demikrasi terutama di Kota Ambon 

Menurut Kaya, kegiatan peluncuran tahapan Pilkada ini sebagai momentum bagi semua pihak, baik itu penyelenggara maupun peserta untuk menjalin dan bangun konsolidasi, koordinasi yang harmonis demi wujudkan Pilkada yang demokratis berdasarkan asas langsung umum bebas rahasia jujur dan adil.

"Harapan kami, mari kita tingkatkan  solidaritas dan sinergitas dalam menjaga lingkungan. Sebab ini merupakan tanggung jawab bersama serta mengajak kepada penyelenggara Pemilu, ASN harus tetap Netral, TNI Polri serta seluruh warga masyarakat dapat ciptakan kondusifitas di masa Pilkada nanti," jelasnya.

Usai peluncuran tahapan Pilkada, dilanjutkan pemberian hadiah kepada para pemenang Sayembara Maskot dan Jingle Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambo tahun 2024, serta hiburan.

Turut hadir saat itu Forkopimda Kota Ambon, Ketua dan para Komisoner KPU Maluku dan Kota Ambon, Ketua Bawaslu Kota Ambon, tokoh agama, perwakilan partai politik dan lainnya. 

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut