Nomenklatur Kodam Pattimura Kembali ke Masa Sebelum Reformasi, HUT Dihitung Mulai 1957

Novi P
Nomenklatur Kodam Pattimura berganti jadi Kodam XV

KOREM 174/PATTIMURA

Berdasarkan kebijakan Panglima ABRI tentang reorganisasi Angkatan Darat maka beberapa Komando Utama (Kotama) TNI AD termasuk Kodam XV/Pattimura mengalami likuidasi sesuai tuntutan kebutuhan organisasi yang dilaksanakan pada 22 september 1984. 

Kemudian, sesuai Keputusan Kasad tanggal 26 Desember 1984 dan direalisasikan dengan Surat Keputusan Pangdam XV/Pattimura pada 8 Januari 1985, maka terbentuklah Korem 174/Pattimura yang wilayahnya meliputi keseluruhan wilayah Kodam XV/Pattimura. 

Pada tanggal 6 Mei 1985 bertempat di Ambon secara resmi Kodam XV/Pattimura dilikuidasi dengan penyerahan kembali Pataka Kodam XV/Pattimura oleh Brigjen TNI H. Simanjuntak kepada Kasad Jenderal TNI Rudini. 

Dengan Kolonel Inf Soeharsono S sebagai Danrem 174/Pattimura yang pertama. Selanjutnya Korem 174/Pattimura berada di bawah komando Kodam yang baru dibentuk, yaitu Kodam VIII/Trikora, yang berkedudukan di Jayapura.

KODAM XVI/PATTIMURA

Konflik bernuansa SARA yang terjadi di Maluku pada tanggal 19 Januari 1999 telah menimbulkan instabilitas dan kekacauan sosial bersifat horisontal yang skalanya semakin meningkat dan sulit untuk dikendalikan. 

Menyikapi kondisi daerah tersebut dan dalam rangka menata kembali Organisasi TNI, pada 7 Mei 1999 dilaksanakan likuidasi Korem 174/Pattimura dan dibentuk Kodam XVI/Pattimura tanggal 15 Mei 1999 di Ambon dalam suatu Upacara Militer dengan Irup Kasad Jenderal TNI Subagyo HS. 

Pada kesempatan upacara tersebut Kasad secara resmi melantik Brigjen TNI Max M.Tamaela sebagai Pangdam XVI/Pattimura yang pertama dan hari yang bersejarah tersebut selanjutnya dirayakan sebagai HUT Kodam XVI/Pattimura.

Dengan demikian, kini HUT dan usia Kodam XV Pattimura dengan Pangdam nya Mayjen TNI Syafrisal diperingati bukan lagi pada 15 Mei (sejak tahun 1999) tetapi sekarang menjadi 27 Mei (sejak 1957). 

Editor : Nevy Hetharia

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network