Balai Karantina Maluku Tolak 5.000 Batang Bibit Pala Masuk ke Ambon

Aldi Josua
Penyitaan bibit pala yang masuk ke Ambon tanpa dokumen resmi

AMBON, iNewsAmbon.id - Petugas Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT) Maluku menolak masuknya 5.000 batang bibit pala ke Ambon karena tidak dilengkapi dokumen karantina yang diperlukan.

"Penolakan dilakukan terhadap bibit pala yang berasal dari Ternate, Maluku Utara, karena tidak memiliki dokumen karantina dari daerah asal serta Surat Sertifikasi Benih dari Balai Besar Pembenihan dan Proteksi Perkebunan," kata Kepala BKHIT Maluku, Abdur Rohman, di Ambon pada Selasa (27/8/2024).

Bibit pala yang dikemas dalam kantong plastik ini ditahan karena tidak memenuhi persyaratan dokumen yang diatur dalam UU No. 21/2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

Meskipun telah diberikan waktu untuk melengkapi dokumen, pemiliknya gagal memenuhi persyaratan tersebut.

"Oleh sebab itu, Karantina Maluku memutuskan untuk menolak ribuan bibit pala tersebut dan mengembalikannya ke asalnya pada Rabu (28/8/2024) menggunakan KM Barcelona," ujar Abdur Rohman.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Karantina Maluku untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya karantina dalam mencegah penyebaran penyakit dan memastikan keamanan pangan di wilayah Maluku.

Editor : Nevy Hetharia

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network