Rekor PON dan Nasional Milik Dua Atlet Maluku, Dipecahkan Pelari Putri Sumut

Aldi Josua
Viera Hetharie dan Irene Truitje Joseph.

AMBON, iNewsAmbon.id - Kejutan terjadi di arena lintasan atletik PON 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut), yang berlangsung di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Deli Serdang.

Hal ini lantaran dua rekor PON dan rekor nasional (Rekornas) milik dua atlet atletik Maluku, yaitu Irene Truitje Joseph dan Viera Hetharie yang sudah bertahan 24 tahun dan 13 tahun berhasil dipecahkan atau dipertajam.

Kejutan pertama terjadi di babak final nomor 200 meter putri, Jumat (13/9/2024), dilakukan oleh pelari cepat atau sprinter muda Sumut berusia 21 tahun, Nella Agustin.

Pasalnya, Nella bukan saja meraih medali emas untuk kontingen Sumut. Namun di final nomor 200 meter putri dia mencatat waktu 23.61 detik. Catatan waktu itu juga pecahkan Rekornas atas namanya sendiri dengan waktu 23.63 detik.

Selain itu, dia juga pecahkan rekor PON yang sebelumnya diciptakan Irene Truitje Joseph, sprinter asal Maluku di PON tahun 2000 Jawa Timur dengan catatan waktu 23.98 detik.

Sedangkan medali emas kedua Nella Agustin di PON XXI ini kembali direbutnya untuk Sumut dari nomor 400 meter gawang putri, Senin (16/9/2024).

Di babak final 400 meter gawang putri ini, Nella Agustin finis di posisi pertama dengan waktu 58,3 detik, sekaligus pecahkan dua rekor yaitu rekor nasional (Rekornas) dan rekor PON.

Editor : Nevy Hetharia

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network