get app
inews
Aa Read Next : 112 Peserta Ikuti Open Turnamen Tenis Meja Kapolda Cup 2024

Aipda Karel Sadsuitubun Pahlawan Revolusi dari Polri, Diabadikan Jadi Nama Bandara dan Kapal Perang

Minggu, 02 Juli 2023 | 22:10 WIB
header img
Peresmian Monumen Aipda Anumerta KS Tubun di Maluku Tenggara, Rabu (21/6/2023). (dok. Polda Maluku)

AMBON, iNewsAmbon.id – Ada satu pahlawan revolusi dari Polri yang patut dikenang bersamaan momentum Hari Bhayangkara ke-77 pada 1 Juli 2023.

Dia adalah Aipda Anumerta Karel Sadsuitubun atau yang lebih populer dengan sebutan KS Tubun. Ia memulai karier sebagai prajurit Angkatan Kepolisian Republik Indonesia (kini Polri) di Ambon.

Sesuai hasil penelitian sejarah Frans Hitipeuw dkk tahun 1985, menulis bahwa Karel Sadsuitubun asal Desa Rumadian Kecamatan Manyeuw Maluku Tenggara memulai pendidikan calon Agen Polisi pada Sekolah Polisi Negara (SPN) yang berlokasi di Negeri Passo Ambon pada 1 Agustus 1951.

"Mungkin tidak banyak yang tahu, gelar pahlawan revolusi dari Polri di republik ini hanya satu orang, yaitu Aipda Karel Sadsuitubun atau yang sering ditulis KS Tubun)," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dalam keterangan tertulis kepada media, Rabu (21/6/2023).

Hal itu disampaikan Kapolda Maluku saat meresmikan monumen Aipda Anumerta Karel Sadsuitubun yang dibangun di kampung halaman sang pahlawan revolusi, Desa Rumadian, Kecamatan Manyeuw.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut