get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Maluku Buka 158 Formasi Penerimaan CPNS 2024

Pernah Tugas di Maluku, Karir Sejumlah Jenderal Ini Moncer Jadi Panglima TNI, KSAD dan KSAL

Minggu, 08 Oktober 2023 | 19:42 WIB
header img
Deretan foto Jenderal TNI yang pernah tugas di Maluku

JENDERAL TNI AU - AL

Di matra udara dan laut. Putra-putra berdarah Maluku pun juga banyak yang menjadi jenderal bahkan legendaris di satuannya.

Misalnya saja ada tiga jenderal satu marga di TNI AU yaitu almarhum Marsda TNI Purn Leonardus Willem Johanes Wattimena atau lebih dikenal sebagai komodor Leo Wattimena yang legendaris. Leo juga pernah jadi Panglima Komando Operasi AURI (1963) lalu Panglima Komando Pertahanan Udara (1966).

Berikutnya penerbang Marsda TNI Purn Pieter L.D. Wattimena serta Marsda TNI Purn Adrian Wattimena (Komandan Korps Paskhas TNI AU 2015 - 2016). Namun tempat kelahiran mereka berbeda yaitu Pontianak, Pematang Siantar Sumut dan Ambon.

Selain trio jenderal Wattimena, juga ada penerbang tempur yang pensiun jenderal bintang dua yakni Marsda TNI Purn Lambert Silooy. Serta purnawirawan jenderal bintang satu keturunan Tionghoa pertama yang menjadi penerbang jet tempur di Indonesia, yaitu Marsma TNI Purn Rudi Taran.

Terkini ada pula jenderal bintang satu yang masih aktif Marsma TNI Gladly Mailoa (eks Kepala Keuangan Mabes TNI AU,) dan beberapa perwira lainnya. Mailoa juga sempat menduduki posisi Kepala Pusat Keuangan Mabes TNI.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut