get app
inews
Aa Read Next : Mirati Mundur dari Anggota DPD RI Terpilih, Nono Sampono Berpeluang Jadi Pimpinan DPD

Mensos Bangun Lumbung Sosial untuk Penanganan Kusta dan Gangguan Jiwa di Tanimbar

Jum'at, 28 Juni 2024 | 16:36 WIB
header img
Mensos Tri Rismaharini (kanan) saat menjelaskan manfaat penggunaan alat makan dengan warna yang berbeda kepada para penyandang kusta di Puskesmas Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

"Telurnya dimakan, karena yang bisa memutus mata rantai kusta adalah daya tahan tubuh. Harus selamatkan keluarga kita yang belum kena," ujar Mensos Risma.

Mensos juga menyarankan pengobatan long acting untuk ODGJ, yaitu pengobatan dengan suntikan sebulan sekali, guna mempermudah keluarga dalam merawat ODGJ dan menghindari kelalaian dalam pemberian obat harian.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk memberikan pengobatan suntik long acting sebulan sekali di Puskesmas bagi pengidap ODGJ, sehingga lebih mudah dan efektif dalam memberikan pengobatan," jelas Mensos Risma.

Dengan langkah ini, diharapkan dapat memperbaiki kualitas hidup pengidap kusta dan ODGJ serta meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penanganan yang tepat untuk mencegah penularan dan memperbaiki kondisi kesehatan mereka. 

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut