get app
inews
Aa Read Next : Mirati Mundur dari Anggota DPD RI Terpilih, Nono Sampono Berpeluang Jadi Pimpinan DPD

Mensos Bangun Lumbung Sosial untuk Penanganan Kusta dan Gangguan Jiwa di Tanimbar

Jum'at, 28 Juni 2024 | 16:36 WIB
header img
Mensos Tri Rismaharini (kanan) saat menjelaskan manfaat penggunaan alat makan dengan warna yang berbeda kepada para penyandang kusta di Puskesmas Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

AMBON, iNewsAmbon.id - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini telah membangun Lumbung Sosial di Puskesmas Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, sebagai upaya penanganan penyakit kusta dan gangguan jiwa.

Lumbung Sosial ini dilengkapi dengan perlengkapan penanganan bencana dan kebutuhan pengidap kusta, seperti handuk, sabun, perlengkapan makan, vitamin, nutrisi, sembako, dan berbagai kebutuhan lainnya. 

Inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penanganan penyakit kusta, mengingat masih adanya praktik berbagi alat makan dan alat mandi antara pengidap kusta dan anggota keluarga yang sehat.

"Perlengkapan mandi dan perlengkapan makan pengidap kusta tidak boleh dipakai dengan orang lain untuk mencegah penularan," kata Mensos Risma di Tanimbar, Kamis.

Untuk memudahkan keluarga mengenali perlengkapan makan dan mandi pengidap kusta, alat-alat tersebut dibedakan berdasarkan warna.

"Ada alat makan yang warna pink untuk yang sakit, dan yang hijau untuk yang sehat," tambahnya.

Selain itu, Lumbung Sosial ini juga dilengkapi dengan ayam petelur, yang telurnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nutrisi bagi 66 penerima manfaat yang terdiri dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan penyandang kusta.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut