get app
inews
Aa Read Next : AMO Jajaki Penerapan Kurikulum Mulok Musik Tradisional di Tingkat SMA

Fun Run 5K, Ajak Masyarakat Ambon Hidup Sehat Bersama Siloam

Kamis, 01 Agustus 2024 | 19:27 WIB
header img
Kesehatan tulang menjadi sorotan utama dalam perayaan ulang tahun ke-4 Siloam Hospitals Ambon. Foto: Ist

AMBON, iNewsAmbon.id - Kesehatan tulang menjadi sorotan utama dalam perayaan ulang tahun ke-4 Siloam Hospitals Ambon. Melalui kegiatan fun run 5K dengan tema #Seutas, Siloam mengajak masyarakat Ambon untuk lebih peduli terhadap kesehatan tulang mereka.

Dalam sesi bincang santai selangkah untuk tulang sehat  yang  dibawakan oleh dr. Wijaya Johanes Chendra, SpOT(K), spesialis ortopedi, sub-spesialis hip & knee (panggul dan lutut) memberikan tips dan trik menjaga kesehatan tulang saat berlari.

Wijaya menjelaskan bahwa untuk menghindari cedera, yang harus diperhatikan sebelum berlari yaitu dengan melakukan pemanasan yang baik. Selalu mengawali dengan pemanasan yang ringan seperti lari ringan untuk mempersiapkan otot-otot.

Selain itu  postur tubuhdalam posisi yang benar seperti menegakkan tubuh dan posisi kepala dan tulang belakang sejajar, langkah kaki, tekanan kaki, sepatu lari dan mengakhirinya dengan pendinginan.

"Dan apabila terjadi cedera selalu menggunakan prinsip RICE : Rest, Ice, Compression, Elevation. Rest yaitu dengan melakukan istirahat saat terjadi cedera dan tidak memaksakan menyelesaikan kegiatan," ujar dia.

Selain itu siapkan kompress dingin pada kaki yang cedera, Compression : pembalutan bagian yang mengalami cedera dengan kain elastis.

 "Elevation yakni peninggian dari anggota tubuh yang mengalami cedera," pungkas  Wijaya.

Dalam sesi bincang sehat itu, Dr. Paulus Triaji Hadijiwaya, selaku Hospitals Director Siloam Ambon yang juga hadir serta membuka kegiatan imenyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka sukacita merayakan kehadiran Rumah Sakit Siloam Ambon sudah 4 tahun.

"Fun Run ini dilaksanakan juga sebagai bentuk kepedulian Rumah Sakit Siloam Ambon terhadap membangun kesadaran kita bersama akan penting nya menjaga kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan tulang," beber dia.

Paulus mengatakan berlari merupakan cara yang paling sederhana dalam berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh juga menjaga kesehatan tulang. 

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut