get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Maluku Buka 158 Formasi Penerimaan CPNS 2024

Siapa Atlet Pelatih Asal Maluku yang Pernah Tampil di Arena Olimpiade?

Minggu, 04 Agustus 2024 | 18:54 WIB
header img
Atlet Maluku peserta Olimpiade

AMBON, iNewsAmbon.id - Pesta olahraga antar bangsa terakbar di dunia, Olimpiade kini sedang berlangsung di Paris Prancis 2024, diikuti oleh sekitar 11 ribu atlet dari 206 negara terdaftar sebagai peserta.

Kontingen Indonesia turut berpartisipasi di.Olimpiade Paris 2024, dengan meloloskan 29 atlet dari cabang olahraga bulutangkis, angkat besi, panahan, panjat tebing, atletik, renang, senam, balap sepeda, menembak, dayung, judo, dan selancar.

Nah dari catatan sejarah sejak Indonesia ikut pertama kali di Olimpiade Helsinki 1952, banyak atlet dan juga pelatih asal atau keturunan Maluku (termasuk Maluku Utara) yang perkuat kontingen Indonesia.

Siapakah para atlet dan pelatih Indonesia asal Maluku tersebut yang berlaga di event olahraga paling bergengsi itu?

Di mulai pada Olimpiade Roma Italia 1960, terdapat dua atlet berdarah Maluku yang ikut serta dalam tim Indonesia. Mereka adalah Josef Muskitta (cabor layar) dan Theo Polhaupessy (balap sepeda).

Khusus Josef Muskitta, merangkap jadi atlet dan pelatih. Beliau perwira militer yang dikenal sebagai tokoh nasional saat pergerakan kemerdekaan, pernah jadi Dubes RI di Jerman dan Sekretaris Wakil Presiden. Pangkat militernya saat pensiun yakni Mayjen (bintang dua).

Berikutnya pada Olimpiade Munich Jerman 1972. Juga terdapat atlet Indonesia asal Maluku, yaitu Wiem Gomies (tinju). Wiem yang juara Asia bertanding di kelas menengah namun kalah oleh juara dunia saat itu dari Uni Soviet (Rusia).

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut