get app
inews
Aa Read Next : Murad Ismail Daftar Lagi Jadi Calon Gubernur Maluku

Peringkat Maluku di PON 2024 Anjlok, Terburuk Dalam 20 Tahun Terakhir

Jum'at, 20 September 2024 | 01:57 WIB
header img
Tim estafet 4 x 400 meter Maluku yang meraih medali perunggu. (Foto Ist)

Terbukti, Pelatda PON baru digelar pada akhir Juni 2024. Padahal PON dimulai awal Sepetember, kemudian tanpa adanya program try out.atau uji coba. 

Provinsi lain Pelatda nya 4 hingga 6 bulan sebelumnya, itu pun disertai ikut event uji coba.

Di sisi lain, atlet, pelatih dan ofisial banyak yang kaget saat terima jaket kontingen, ternyata bernuansa biru hitam. Hal ini tidak lasim dengan tradisi Maluku di event PON yaitu merah hitam. 

Mereka menilai sangat bernuansa politik, karena ketua dan beberapa pengurus inti KONI adalah pembina dan kader parpol tertentu.

Meski fokus serta perhatian KONI dan Pemprov Maluku kurang atau minim, namun dengan yakinnya Ketua Harian KONI Maluku, Mustafa Kamal beraninya targetkan naik peringkat di PON 2024 dibanding PON 2021 Papua.

Di PON Papua, kontingen Maluku finis di urutan 21 dari 34 provinsi, dengan total medali 15 yaitu 5 medali emas, 4 perak dan 6 perunggu.

“Dengan perolehan 5 medali emas di PON sebelumnya, saya sangat yakin bahwa Maluku tahun ini dapat peroleh medali emas sebanyak 10 sampai 15 medali emas pada PON XXI,” kata Mustafa Kamal kepada media, Kamis (18/7/2024) lalu.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut