Pepe dan Ronaldo Pemain Tertua,, Lamine Yamal Termuda, Nagelsman Pelatih Belia

Novi P
Pemain tertua dan termuda di ajang Euro 2024

TERMUDA

Sementara itu, wonderkid  alias "bocah ajaib" milik Barcelona FC, Lamine Yamal dari Spanyol menjadi pemain Euro termuda setelah melakukan debutnya melawan Kroasia. 

Pemain sayap Spanyol itu pecahkan rekor pemain termuda yang pernah tampil di putaran final UEFA Euro, setelah turun ke lapangan pada usia 16 tahun 338 hari dan resmi tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Piala Eropa atau Euro 2024.

Lamine Yamal melampaui rekor milik pemain internasional Polandia, Kacper Kozlowski, yang terukir pada Euro 2020 saat dimainkan ketika masih berusia 17 tahun 246 hari.

Dengan penampilannya di pertandingan melawan Kroasia, Yamal mendepak Jamal Musiala (Jerman) dari daftar lima pemain termuda sepanjang masa yang tampil di Piala Eropa.

Selain itu, terdapat juga dua pelatih termuda kali ini. Mereka adalah Julian Nagelsmann (Jerman) dan Domenico Tedesco (Belgia).

Nagelsmann baru berusia 36 tahun dan tercatat sebagai pelatih termuda di Euro 2024, sedangkan Tedesco berumur 39 tahun.

Nagelsmann merupakan mantan pelatih Hoffenheim dan Bayern Munchen, serta Tedesco eks pelatih Schalke 04 dan RB Leipzig.

Selain Tedesco dan Nagelsmann, pelatih-pelatih lain di Euro sudah berusia di atas 45 tahun. Yang paling tua yakni Luciano Spalletti (pelatih Italia) yang berusia 65 tahun 3 bulan.

Pada Euro kali ini ada nama-nama pelatih yang juga terkenal sebagai mantan pemain top pada era 1990-an hingga 2000-an seperti Didier Deschamps, Gareth Southgate, Willy Sagnol, Vincenzo Montella, dan Ronald Koeman. 

Editor : Nevy Hetharia

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network