get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Maluku Buka 158 Formasi Penerimaan CPNS 2024

Mengenang Kepergian Sani Tawainella, Pesepakbola dan Inspirator Film Cahaya dari Timur, Beta Maluku

Kamis, 29 Juni 2023 | 15:08 WIB
header img
Sani Tawainella dalam kenangan

Dari tim asuhannya tersebut, lahirlah sejumlah pemain timnas dan klub-klub liga. Seperti Alfin Tuasalamony, Rizky Pellu, Hendra Bayau, Finky Pasamba dan lainnya.

Lantaran kerja keras dan kesuksesannya itu. Menginspirasi penyanyi/musisi top saat itu, mendiang Glenn Fredly mengangkat kisah Sani sebagai pelatih sukses dan upaya perdamaian melalui sepakbola ke film layar lebar dengan mengajak sutradara kenamaan Angga Dwimas Sasongko untuk garap film tersebut di Ambon.

Maka lahirlah film laris dan populer berjudul "Cahaya dari Timur. Beta Maluku". Kisah perjuangan Sani itu diperankan oleh artis top Chico Yericho dan film nya meledak populer dan diapresiasi berbagai pihak.

Meski perjuangan hidupnya jadi inspirasi film terkenal dan dirinya dikenal berbagai kalangan. Namun profil Sani.tidak berubah. Dia tetap rendah hati, sederhana dan tanpa pamrih. Ia konsisten eksis jadi pelatih dan bahkan sempat berprofesi tukang ojek.

"Kalau mau berbuat untuk Maluku maju. Semua dimulai dari niat dan hati yang tulus. Jangan ada kepentingan lain. Kepentingan cuma satu, Maluku aman, damai dan anak-anak muda berbakat bisa salurkan kemampuan dan berprestasi. Itu saja," ujarnya, suatu ketika.

Kiprah Sani terakhir adalah membawa tim Tefa Tulehu Putra FC U-13 wakili Maluku pada kompetisi Piala Suratin putaran nasional di Jakarta. Anak asuhannya lolos hingga 16 Besar. "Kita cuma tidak beruntung. Kalah adu penalti di 16 Besar," katanya.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut