get app
inews
Aa Read Next : Mirati Mundur dari Anggota DPD RI Terpilih, Nono Sampono Berpeluang Jadi Pimpinan DPD

Fakta-Fakta Kepulauan Tanimbar di Maluku

Rabu, 16 Agustus 2023 | 14:01 WIB
header img
Penampilan Presiden Joko Widodo yang mengenakan baju adat Tanimbar Maluku dalam Sidang Tahunan MPR RI mencuri perhatian publik. Foto: TV Parlemen

JAKARTA, iNewsAmbon.id - Penampilan Presiden Joko Widodo yang mengenakan baju adat Tanimbar Maluku dalam Sidang Tahunan MPR RI mencuri perhatian publik. Banyak orang penasaran untuk mengetahui lebih dalam mengenai Kepulauan Tanimbar yang terletak di Maluku tersebut.

Secara geografis, Pulau Tanimbar berbatasan langsung dengan Laut Banda, di bagian utara, bagian selatan berbatasan dengan laut Timor dan Arafura, bagian barat berbatasan dengan gugus Pulau Babar, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan bagian timur berbatasan dengan Laut Arafura

Kepulauan Tanimbar secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (dulunya Maluku Tenggara Barat) dengan Saumlaki sebagai ibu kota kabupaten.

Sumber mata pencarian sebagian besar masyarakat Tanimbar adalah di bidang perikanan dan pertanian. Rumput laut dan kopra menjadi salah satu komoditas andalan masyarakat Tanimbar. Selain itu, Tanimbar dikenal dengan kain tenun atau yang dikenal dengan tais yang berasal dari tangan-tangan terampil para penenun di sana.

Di awal 2023 lalu, Tanimbar sempat dilanda gempa hingga 7,5 magnitudo. Usai gempa terjadi, masyarakat dikejutkan dengan sebuah pulau yang mendadak muncul dari laut. BMKG pun memberikan penjelasan bahwa penyebab munculnya pulau baru tersebut lantaran tekanan di dalam lapisan kulit bumi yang cukup kuat. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut