JAKARTA, iNewsAmbon.id - TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia setelah perusahaan asal China tersebut menggelontorkan investasi sebesar USD1,5 miliar atau setara dengan Rp23,3 triliun (kurs Rp15.550 per USD) ke PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GOTO.
Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda mengatakan, kembalinya TikTok Shop akan menjadi alternatif untuk pelaku UMKM untuk bisa menawarkan produknya.
"Kalau kita lihat data 90% pelaku usaha kita terutama UMKM itu menggunakan WhatsApp sebagai media penjualan, kemudian yang kedua melalui sosial media, sosial media kan bisa apa aja, ada Facebook, Instagram, Twitter, yang terbaru adalah TikTok," kata Nailul dalam siaran Market Review di IDX Channel, Rabu (13/12/2023).
Nailul menambahkan, yang perlu disadari adalah, media sosial (medsos) mempunyai peran penting untuk pelaku UMKM agar bisa go digital, sebab menurtnya pelaku UMKM tidak bisa langsung melangkah ke e-commerce, mereka harus melewati tahap demi tahap.
"Step pertama melalui WhatsApp, step kedua melalui media sosial, baru step ketiga melalui e-commerce," ujarnya.
Sementara itu Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan, saat ini kerja sama yang dilakukan kedua perusahaan masuk pada tahap uji coba.
Editor : Nevy Hetharia