get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Maluku Buka 158 Formasi Penerimaan CPNS 2024

Pelaku UMKM Negeri Rutong Ambon Kembangkan Produk Sirop Tomi tomi

Selasa, 03 September 2024 | 20:46 WIB
header img
UMKM Negeri Rutong kembangkan sirop buah tomi tomi

AMBON, iNewsAmbon.id - Pelaku UMKM di Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Maluku, mengembangkan produk sirop dan wine Tomi tomi (Flacourtia inermis, Roxb).

"Buah tomi tomi saat ini menjadi buah langka, tetapi di Negeri Rutong terus ditanam dan berkembang agar tidak hanya dijadikan pelengkap bumbu dapur karena rasanya asam, tetapi dikembangkan menjadi produk bernilai jual tinggi," kata salah satu pelaku UMKM Negeri Rutong Butje Telapary, Selasa (3/9/2024)).

Ia mengatakan, buah tomi-tomi diolah dengan metode fermentasi menjadi minuman beralkohol dengan kadar satu persen, dan dikemas dalam botol.

Sedangkan untuk diolah menjadi sirop, buah tomi-tomi diiris, kemudian direbus untuk mendapatkan sari buah dan ditambahkan bahan alami yakni kayu manis.

"Buah tomi tomi kami olah menjadi wine yang memiliki kadar alkohol satu persen, sedangkan sirop Tomi tomi rasanya segar dan manis alami," katanya pula.

Saat ini produk olahan buah tomi tomi dijual secara terbatas jika ada pelanggan yang memesan, karena pelaku usaha masih terkendala proses izin edar produk.

"Kedua produk ini belum dijual bebas, jika ada yang berminat dapat memesan karena kami masih berproses izin edar di BPOM," katanya pula.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut