get app
inews
Aa Read Next : KPU Maluku Tetapkan Nomor Urut untuk Rahawarin, Murad dan Lewerissa

Lewerisa Lepas Kursi DPR, Kolatlena Dilantik dengan 12.639 Suara Perorangan

Rabu, 02 Oktober 2024 | 06:09 WIB
header img
Henxrik Lewerisa (kiri) dan Alimudin Kolatlena

Bahkan jumlah suara Kolatlena tersebut, masih kalah jauh dari peringkat kelima dan keenam Pileg 2024 dapil Maluku yaitu Abdullah Tuasikal dari Partai Nasdem dan Michael Wattimena dari Partai Demokrat yang hasilnya di kisaran 50.000 hingga 70.000 an suara.

Selain HL yang undur diri, ada juga Anggota DPD RI atau senator terpilih Maluku yaitu Mirati Dewaningsih Tuasikal undur diri, karena maju dalam kontestasi Pilkada serentak di Maluku Tengah sebagai calon bupati.

Kursi Mirati akhirnya ditempati peringkat kelima suara terbanyak DPD RI dapil Maluku yakni Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono.

Tiga anggota DPD RI asal Maluku lainnya adalah Novita Anakotta, Anna Latuconsina, dan Bisri Latuconsina.

Sementara itu, anggota DPR RI yang terpilih dan dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang karena adanya pemekaran provinsi di Papua. 

Kemudian partai politik yang lolos ke DPR RI berkurang dari 9 menjadi 8 partai politik. Parpol yang lolos itu yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Nasdem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Di lain pihak, anggota DPD RI juga bertambah dari yang sebelumnya 136 menjadi 152 orang karena pemekaran provinsi di Papua. 

Dengan demikian, jumlah Anggota DPR RI dan Anggota DPD RI yang bakal dilantik, sekaligus menjadi anggota MPR RI totalnya sebanyak 732 orang.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut