Putra Maluku Dalam Sejarah Lambang Negara Garuda Pancasila

Novi P
M.A. Pellaupessy dan Lambang Negara, Garuda Pancasila. (Foto dok).

AMBON, iNewsAmbon.id - Bangsa Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-79 RI pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024.

Nah terkait dengan hal itu, kita tahu peran putra putri Maluku turut berkorban dan berperan dalam perjuangan melawan penjajahan maupun era merintis kemerdekaan tahun 1945.

Bukan itu saja. Bahkan saat persiapan kemerdekaan dan termasuk persiapan merancang lambang negara pun, putra putri Maluku punya peran besar.

Seperti kita tahu, lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan heraldik, perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda tetapi tetap satu” ditulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. 

Lambang ini dirancang oleh panitia teknis yang dinamakan Panitia Lencana Negara dan diketuai oleh Sultan Hamid II dari Pontianak. 

Kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali di Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950.

Editor : Nevy Hetharia

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network