get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Berharap 14 Lulusan Baru Fakultas Kedokteran Unpatti Mengabdi di Maluku

Mirati Mundur dari Anggota DPD RI Terpilih, Nono Sampono Berpeluang Jadi Pimpinan DPD

Rabu, 19 Juni 2024 | 22:00 WIB
header img
Kolase foto: Calon anggota DPD RI yang bersaing dalam perhitungan suara dari Dapil Maluku.

"Maka saat ini saya telah mendaftar pada sejumlah partai politik sebagai calon Bupati Maluku Tengah dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Secara normatif, saya harus mengundurkan diri sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ungkap Mirati.

Mirati juga mengaku bertemu dengan Nono Sampono beberapa kali saat persidangan di MK, dan berdiskusi tentang pencalonan Nono sebagai Pimpinan DPD RI periode 2024-2029.

"Jika saya mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai calon kepala daerah, keinginan Pak Nono untuk menjadi pimpinan DPD RI tidak akan terwujud, karena seluruh tahapan penentuan pimpinan DPD RI telah berlangsung," kata Mirati.

Mirati menegaskan bahwa satu-satunya peluang Nono untuk menjadi Pimpinan DPD RI adalah jika Nono ditetapkan sebagai pengganti calon terpilih sesuai dengan pasal 426 UU No.7/2017 Jo. Pasal 48 PKPU Nomor 6 Tahun 2024. Hal ini dapat terwujud jika Mirati mengundurkan diri lebih awal.

"Saya seharusnya baru akan mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai calon terpilih anggota DPD RI dapil Maluku setelah saya terdaftar resmi sebagai calon Bupati Maluku Tengah sesuai jadwal KPU," kata Mirati.

Pendaftaran KPU Maluku Tengah direncanakan berlangsung pada 27-29 Agustus 2024.

Mirati menekankan bahwa keputusannya untuk mundur lebih awal adalah demi kepentingan Maluku, yaitu memastikan adanya perwakilan dari Maluku yang menduduki jabatan sebagai Pimpinan DPD RI periode 2024-2029.

Berdasarkan pasal 426 UU Nomor 7 Tahun 2017 dan pasal 48 PKPU Nomor 6 Tahun 2024, Mirati bersedia mengundurkan diri lebih awal dari waktu yang seharusnya.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut