Pelaku Pencabulan Anak di Ambon Dituntut 12 Tahun Penjara

aldi josua
ilustrasi

AMBON, iNewsAmbon - John Petra Louhenapessy dituntut 12 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Ambon karena terbukti melakukan tindak pidana kekerasan terhadap anak di bawah umur.

Tuntutan ini disampaikan pada Selasa (4/6/2024).

JPU Kejari Ambon, Elsye B. Leunupun dan Endang Anakoda, mengajukan tuntutan ini di ruang sidang Pengadilan Negeri Ambon yang dipimpin oleh ketua majelis hakim Orpa Marthina, didampingi dua hakim anggota.

Kedua JPU meminta majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 82 Ayat (1) UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perppu Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Juncto Pasal 64 KUHP dan Pasal 81 Ayat (2) dari UU Perlindungan Anak.

"Menuntut agar majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 12 tahun terhadap terdakwa," sebut JPU dalam amar tuntutannya.

Selain hukuman penjara, terdakwa juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp100 juta dengan subsider enam bulan kurungan, dikurangi masa tahanan yang telah dijalani terdakwa. “Dengan perintah terdakwa tetap ditahan," tambah JPU.

Hal yang memberatkan terdakwa adalah akibat perbuatannya yang menyebabkan korban anak merasa trauma dan malu.

Editor : Nevy Hetharia

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network