get app
inews
Aa Read Next : Terdakwa Andika Tuasalamony Jalani Sidang Penganiayaan Perawat RS Bhayangkara Ambon

Proyek Air Bersih di Haruku dan Talud di Buru Masuk Tahap Penyidikan

Senin, 09 Oktober 2023 | 19:19 WIB
header img
Kantor Kejati Maluku

Setelah naik penyidikan, kata juru bicara Kejati Maluku itu, tim penyidik Pidsus Kejati Maluku telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, termasuk juga telah memeriksa saksi yang telah di panggil awal. 

“Tadi juga sudah diperiksa delapan orang saksi untuk yang air bersih di Pulau Haruku. Mereka adalah PPK dan Pokja. Sementara untuk talud di pulau Buru, masih di jadwalkan pemanggilan saksi yang akan hadir untuk diperiksa pada Rabu besok,” jelas Wahyudi. 

Proyek air bersih di Pulau Haruku dikabarkan mangkrak, meskipun anggaran telah dicairkan sepenuhnya. Proyek pembangunan talud di Pulau Buru juga mengalami masalah kualitas pelaksanaan.

Dana untuk kedua proyek ini bersumber dari anggaran PEN, yang merupakan pinjaman sebesar Rp700 miliar yang diperoleh oleh Pemerintah Provinsi Maluku dari PT SMI. 

Sayangnya, peruntukan dana ini dianggap tidak tepat karena sebagian besar digunakan untuk proyek infrastruktur yang tidak berhubungan dengan pemulihan ekonomi masyarakat terdampak COVID-19.

Kejati Maluku akan terus menyelidiki kasus ini untuk memastikan adanya transparansi, akuntabilitas, dan kepatuhan terhadap aturan dalam pelaksanaan proyek-proyek ini serta penyaluran dana PEN.

Editor : Nevy Hetharia

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut