Ketua Komisi B DPRD Tanimbar Akui Terima 100 Juta, Dana 350 Juta Mengalir ke BPK Maluku

Aldi Josua
Pengadilan Tipikor pad Pengadilan Negeri Ambon.

AMBON, iNewsAmbon.id - Sidang perkara korupsi SPPD Fiktif Dinas BPKAD Kabupaten Kepulauan Tanimbar terus bergulir di Pengadilan Tipikor Ambon. Sejumlah saksi dihadirkan majelis hakim untuk mengungkap lebih jauh aliran dana pada kasus tersebut.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Apolonia Laratmase yang hadir sebagai saksi pada Senin (27/11/2023) mengaku menerima uang Rp100 juta dalam dua tahap. Yakni 90 juta pada 2019 dan 10 juta pada 2021.

“Tahun 2020 saya tidak pernah menerima uang. Memang pernah tetapi ditahun 2019 dan itu saya berkomunikasi dengan mantan Bupati Tanimbar, Petrus Fatlolon,  kemudian Petrus Fatlolon perintahkan Jonas, Maria Gorety dan Albyan tetapi itu uang di tahun 2019 dan itu bukan untuk saya saja tetapi untuk kami para partai pendukung, " kata  Laratmase.

Ketua Tim PH terdakwa Anthony Hatane dalam sidang  meminta agar nama-nama anggota DPRD yang disebutkan sejumlah saksi pada sidang sebelumnya, ikut dihadirkan sebagai saksi.

Mereka yang telah disebut menerima uang Korupsi BPKAD adalah Godlief Siletty, Ambrosius Rahanwatty, Dedison Titirloloby, Fredek Kormpaulun dan Samuel Lilimwelat.

Mendengar permintaan PH, Hakim langsung perintahkan JPU untuk mendata  para  penerima dana SPPD fiktif.

"Pak Jaksa tolong list semua nama nama yang terima untuk dihadirkan pada sidang tanggal 4 Desember nanti, termasuk Mantan Bupati Petrus Fatlolon. Tidak perduli dia siapa, mau bupati atau tidak kami tidak perduli, harus dihadirkan. Jika mereka tidak hadir Jaksa tolong kurung selama 14 hari jika melawan perintah pengadilan, " tegas Haris Tewa.

Editor : Nevy Hetharia

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network